Artikel Kenapa Suka Baca Buku Anak

Artikel Kenapa Suka Baca Buku Anak





Membaca adalah hal menarik bagi saya. Hal yang sering saya lakukan dan saya sadari bahwa hal tersebut berdampak baik bagi saya. Banyak bacaan yang saya gemari, dari mulai bacaan yang berat sampai yang ringan. Jujur saja lebih banyak yang ringannya. Terlebih fiksi, saya selalu menemukan hal yang tidak saya temukan ketika membaca nonfiksi. Adalah keinginan untuk terus membuka lembar demi lembar dalam waktu yang cukup lama. Lalu langsung saja ke inti tulisan ini, kenapa sih saya suka membaca fiksi anak, padahal udah gede, gak malu ama umur? Hehe � setidaknya ada tiga alasan. Pertama karena bacaan anak adalah nostalgia bagi saya, lewat bacaan anak saya banyak menemukan perspektif baru, dan yang terakhir sebagai media belajar.

Hal pertama adalah sebagai nostalgia. Sewaktu kecil saya kesulitan sekali mendapatkan buku yang khusus untuk bacaan seumuran saya waktu itu. Buku-buku saya ya lebih banyak buku pelajaran, saya fine-fine saja. Sampai akhirnya saat saya besar, saya menempuh belajar di kota, dan voila akses buku di kota lumayan mudah untuk segala genre. Saya mencoba membaca bacaan yang saya sulit temukan waktu kecil, bacaan untuk anak. Entah kenapa banyak membaca bacan untuk anak ketika seusia segini membuat saya sadar, mungkin saya baru mendapatkan kesempatan saat ini, ya apa boleh buat, toh dengan membaca bacaan anak saya pun tak sengaja menemukan topik tugas akhir saya, lah kok membahas ini?

Yang kedua lewat membaca bacaan anak, saya menemukan perspektif baru. Anak-anak itu cenderung punya keingintahuan yang sangat tinggi. Mungkin saat anak-anak pun saya demikian, tetapi entah kenapa saat saya membaca bacaan anak, yang terlintas di benak saya adalah OMG anak-anak Indonesia apakah seekstrem di novel-novel atau buku cergam anak? Kalau memang begitu saya amat bersyukur. Banyak hal yang saya dapatkan ketika membaca bacaan anak, hal-hal yang sebelumnya tidak saya ketahui menjadi saya paham, hal-hal yang sebelumnya saya merasa tabu jadi sekarang mengerti, saat banyak hal baru yang saya dapatkan ketika membaca bacaan anak maka saya langsung berdecak, oh kenapa masa kecil saya tidak dipenuhi dengan bacaan-bacaan bermutu yang penuh gambar menarik dan moral value?


Dan yang terakhir sebagai media belajar. Bacaan anak membuat saya ingin sekali menulis juga bacaan anak. Memang sepertinya tulisan genre ini hadir dengan kesulitannya sendiri, untuk menulis bacaan untuk anak, penulis wajib harus berperan sebagai anak-anak. Saya ingin sekali bisa piawai menulis bacaan untuk anak-anak. Karena menurut saya tulisan untuk anak itu menarik karena penuh kepolosan namun harus sesuai logika, tentu logika anak-anak.


Akhir kata, saya selalu percaya bahwa setiap bacaan itu bermanfaat termasuk bacaan anak-anak. Saya tetap menyukai dan akan terus menyukai bacaan anak karena bacaan anak adalah nostalgia bagi saya, lewat bacaan anak saya banyak menemukan perspektif baru, dan yang terakhir bacaan anak adalah sebagai media belajar. Saya bahkan mencantumkan genre yang menarik bagi saya ini di Goodreads, genre bacaan anak. Hemmm � apalagi jika sudah merujuk ke bacaan anak di luar negeri. Saya sangat suka semenjak membaca novel James Patterson berjudul The Final Warning.[]


download
alternative link download

Popular posts from this blog

Atmospheres Sketchbook Vol 3

ATM A Connection Oriented Cell Switching Technology

Ashampoo Burning Studio v18 0 3 Portable